Cara membuat email dengan domain sendiri atau domain pribadi pada google apps

Posted by gigehoster in Artikel on June 29, 2012 with No Comments

Share

Email dengan domain sendiri atau domain pribadi, biasanya sudah di sediakan oleh penyedia jasa web hosting dan sudah termasuk ke dalam kapasitas disk yang disewa dari jasa web hosting, akun yang bisa di dapatkan adalah tidak berhingga, namun yang menjadi pembatasan adalah ketersediaan dari kapasitas disk.
 
Apabila, ingin mendapatkan kapasitas email yang lebih banyak, google menyediakan aplikasi dengan nama google apps, yang dapat di pergunakan untuk menginduk email dengan domain sendiri/pribadi.
 
Berikut ini cara membuat email dengan domain sendiri, yang disertai dengan gambar. Dalam hal ini kami mempergunakan domain gigehoster.net:
 
1. Bukalah halaman http://www.google.com/apps/intl/id/group/index.html (Bahasa Indonesia) ataupun http://www.google.com/a/cpanel/domain/new
 
2. Pada halaman tersebut isikanlah nama domain yang di inginkan, dalam hal ini kami menggunakan gigehoster.net, kemudian klik kirim (tombol yang telah di kotak merah)
Membuat email dengan domain pribadi
 
3. Kemudian isikanlah nama pengguna/username yang nantinya di pergunakan untuk masuk ke google apps dan mengatur pengaturan akun. Untuk ini kami pergunakan username admin, bisa diubah sesuai keinginan masing-masing.
Masuk Google Apps baru
 
4. Isikan semua data diri dengan jelas dan lengkap. Kemudian klik tombol Saya setuju! Buat akun
buat akun
 
5. Setelah berada di halaman ini, segeralah melakukan verifikasi kepemilikan domain name, dengan cara klik tombol selamat datang yang berada di menu sebelah kiri.
Selamat datang
 
Kemudian klik ke sub menu, yaitu memverifikasi kepemilikan domain, dan klik pada tombol berikutnya

 
6. Ada dua cara verifikasi kepemilikan domain, dimana instruksi dapat dilihat pada gambar, cara pertama yaitu:

 
Dan untuk yang hanya memiliki nama domain, dapat mempergunakan cara kedua sebagai berikut:

 
7. Setelah selesai melakukan verifikasi kepemilikan domain, google apps membawa kita ke halaman selanjutnya, namun kita akan langsung memilih “Menyiapkan apl”

 
8. Kemudian klik pada tombol Gmail, kemudian klik melakukan pengalihan, dan pilihlah pilihan “Server Google” kemudian klik tombol berikutnya.

 
9. Silahkan memilih registrar domain anda, apabila tidak merupakan salah satu dari registrat tersebut, pilihlah opsi lainnya. Biasanya registrar dari Indonesia menggunakan eNom, name.com ataupun register.com sebagai reseller dari domain. Dalam hal ini kami memberikan diskspace 10 Mb dan bandwdith 100 Mb untuk memanage DNS dari cpanel. Oleh karena itu maka dalam tutorial ini kami menggunakan cPanel untuk setting MX. Kemudian bukalah tabs baru pada browser anda, dan loginlah ke cpanel hostingan anda, kemudian klik MX Entry, kemudian pilihlah Email Routingnya menjadi Automatic, dan juga gantilah MX records, sehingga menjadi lebih kurang seperti tampak gambar dibawah.

 

 

 
10. Setelah selesai mengatur pada cpanel, supaya tabs browser cpanel tidak di tutup, kemudian mari kembali ke google apps di tabs browser sebelumnya. Kemudian klik tombol berikutnya, dan kami diberitahukan bahwa alamat gmail kami adalah: http://mail.google.com/a/gigehoster.net, akan tetapi hal ini membuat anda sulit mengingatnya, apakah bisa mengubahnya ke http://mail.gigehoster.net ? tentunya bisa, ikuti lagi cara berikut.
 
11. Klik “Setelan” kemudian anda akan berada di halaman “Setelan Email”, kemudian klik pada kata “Ubah URL”

 
Pilihlah seperti pada gambar dibawah ini, kemudian klik tombol “Lanjut >>”

 
Selanjutnya kembali ke tabs browser cpanel sebelumnya yang dipergunakan untuk mengatur MX Entry, namun kali ini untuk mengatur CNAME yang ada di Advanced DNS Zone Editor. Setelah di Dalam Advanced DNS Zone Editor, dalam hal ini kami mencari mail.gigehoster.net yang CNAME ke gigehoster.net, kemudian kami klik tombol “edit” dan mengubah yang tadinya value “gigehoster.net” menjadi “ghs.google.com”

12. Klik tombol “saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut”

Begitulah langkah-langkah ataupun cara membuat email dengan domain sendiri. Nantikan tutorial selanjutnya yaitu: Cara Menambah akun gmail dengan domain sendiri.

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

LoadingRetrieving latest tweet...